Tuesday, August 24, 2010

Apa beza anda Log In sebagai ADMIN, USER dan GUEST


Terdapat 3 jenis User Account: iaitu Administrator,User dan Guest
apakah perbezaan yang anda dapat jika anda log in melalui salah satu user ini

Administrator
User jenis ini memiliki hak akses dan kontrol sepenuhnya terhadap konfigurasi sistem, konfigurasi User, dan konfigurasi instalasi program.
User tidak memiliki batasan apapun dan boleh melakukan apa saja pada komputer, termasuk menambah atau menghapus User lain, install atau uninstall program, juga mengubah seluruh konfigurasi di dalam komputer, dan sebagainya.
Bila UAC diaktifkan, UAC hanya akan meminta konfirmasi “Ya” atau “Tidak”, “Continue” atau “Cancel”, tanpa meminta User untuk memasukkan password Administrator ketika User melakukan aktiviti yang dianggap UAC sebagai restricted activity/operation.

User
User memiliki hak akses dan kontrol komputer yang hampir sama dengan Administrator dengan batasan-batasan hak akses dan kontrol tertentu.
User dapat melakukan hampir semua hal dengan komputer selama dianggap tidak mengangu keseluruhan konfigurasi komputer secara keseluruhan
User bole melakukan install dan uninstall program, membuat dan menghapus file, serta menjalankan program-program.
User boleh menjalankan beberapa aktivit penggunaan komputer dengan hak akses dan kontrol komputer seperti dimiliki User Administrator dengan syarat ia dapat memasukkan Password Administrator yang diminta UAC . Hanya bilamana aktiviti Standard User dianggap akan mempengaruhi konfigurasi sistem, konfigurasi user, konfigurasi UAC, juga konfigurasi Program-program yang telah terinstal pada folder Program files, maka UAC akan meminta User untuk memasukkan password Administrator.

Guest
User jenis ini sebenarnya tidak memiliki User Account.
User ini terbatasan, sehingga beliau tidak boleh untuk mengubah apapun, hanya di benarkan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu
Sesuai dengan namanya, Guest ibarat seorang tamu dari luar yang dipersilakan masuk rumah untuk melihat-lihat isi rumah dan dibenar melihat dan memegang beberapa barangan tetapi tidak di benarkan mengubah susunan barang-barang yang sudah diatur oleh si pemilik rumah tersebut , tuan punya rumah adalah Administrator.

Jadi fikir fikirlah user mana patut di letak password

No comments:

Post a Comment